Kembali ke alam, haruskah berbayar?

Hari minggu yang lalu kami sekeluarga menghabiskan istirahat siang dengan bersantai di Amstelpark, sebuah taman besar berlokasi di timur kota Amsterdam. Tujuan utamanya tidak lain dari menikmati suasana taman sambil melihat putra kami bermain di beberapa arena permainan yang disediakan.

Tapi ternyata di taman ini juga disediakan semacam kebun binatang kecil dimana anak-anak dapat berinteraksi dengan mereka secara cuma-cuma. Mengajarkan anak-anak untuk dekat dengan alam dan binatang.

Pikiran saya seketika itu pun menerawang kembali ke pengalaman ketika kami berkunjung ke tempat serupa di Bandung maupun Lembang. Di sana kami harus merogoh dompet untuk masuk, sementara disini pintu terbuka dengan lebar tanpa membayar sepeser pun. Kenapa bisa seperti ini? Tidakkah anak-anak itu perlu mendapatkan hak yang sama dimanapun mereka berada? Bukankah pengetahuan akan alam dan binatang merupakan pelajaran penting untuk tumbuh kembang anak?

Semoga ada pembaca blog ini dari Indonesia yang peduli akan masa depan anak-anak bangsa yang tergerak untuk menyediakan fasilitas terbuka seperti ini secara cuma-cuma.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.