MAPS.ME: peta offline untuk traveler masa kini

Pengakuan: saya kurang cekatan dalam hal membaca peta, terutama peta yang tercetak di kertas. Saya lebih senang menggunakan peta yang memiliki fitur GPS.

Meski sudah lama ingin menjajal aplikasi peta offline untuk teman jalan-jalan, baru weekend kemarin saya mencoba MAPS.ME for Android. Pilihan jatuh ke MAPS.ME setelah membaca banyak review di Internet, dan karena alasan ingin mencoba aplikasi peta selain Google Maps ataupun HERE.

MAPS.ME ini menggunakan data berdasarkan OpenStreetMap, sebuah proyek terbuka pembangunan peta yang sifatnya bebas digunakan oleh siapa saja. Luxembourg pun bisa dibilang ujicoba yang tepat karena tidak terlalu banyak review traveling yang membahas negara ini di Internet. Siapa tau banyak informasi yang tidak tercantum disana!

Saya download peta Negara Luxembourg dua hari sebelum keberangkatan. Total space yang diperlukan 36MB. Surprisingly seluruh lokasi yang saya ingin capai tercatat dengan rapi di aplikasi ini. Bahkan kedai-kedai kecil disepanjang jalan, ataupun yang terletak di luar Luxembourg City bisa dengan mudah ditemui di MAPS.ME. Fitur navigasi untuk pejalan kakinya pun sangat keren karena dia bisa mengenali walking path dengan baik termasuk ketika saya harus masuk ke gang-gang kecil yang tidak lazim disarankan kalau menggunakan Google Maps.

So, buat kamu yang akan traveling dan tidak mau menggunakan paket mobile data selama berlibur, tapi juga tidak mau tersesat selama jalan-jalan, MAPS.ME bisa kamu jadikan sebagai pilihan teman berlibur yang dapat dihandalkan. Tapi ingat, pastikan kamu download peta yang diinginkan beberapa hari sebelum keberangkatan di jaringan WiFi!

0 Replies to “MAPS.ME: peta offline untuk traveler masa kini”

  1. Baru tau ada aplikasi ini, ntar mau nyobain ah! Thanks for sharing.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.