Itinerary 2 hari di Amsterdam

Sebagian besar turis dari Indonesia yang melancong ke benua Eropa hanya punya waktu 2 hari di Belanda. Maka atraksi wisata yang bisa dikunjungi dalam waktu singkat tersebut adalah sebagai berikut:

Hari ke-1:
Beli tiket GVB 24 hour seharga 7,5 euro yang dapat dipakai untuk keliling Amsterdam dengan tram, metro, dan bus GVB. Bisa beli di dalam tram atau toko buku AKO di Schiphol Airport.

Habiskan hari pertama Anda di pusat kota Amsterdam. Pertama-tama sambangi Museumplein untuk berfoto dengan tulisan “I Amsterdam”. Ini adalah lapangan rumput hijau dengan beberapa museum di sekelilingnya. Setelah itu jalan kaki ke Leidsestraat dimana terdapat cafe, toko, serta kanal-kanal cantik. Lalu tanpa sadar Anda akan tiba di Flower market dimana terdapat kios-kios souvenir dan benih bunga tulip.

Kanal yang cantik

Setelah puas di Flower market, lanjutkan petualangan Anda di Kalverstraat dimana mata Anda akan dimanjakan dengan toko-toko fashion berbagai merk. Di ujung Kalverstraat, Anda akan tiba di Dam Square, pusat kota Amsterdam. Disini Anda bisa mengejar burung-burung yang sangat banyak jumlahnya (silahkan bawa roti ya sebagai umpan). Lalu bisa cuci mata di Bijenkorf, department store termewah di Belanda. Lalu teruskan perjalanan Anda menuju Central Station. Di semua daerah ini Anda akan melihat keramaian dan semarak kota.

Setibanya di Central Station (CS), pasti hari sudah petang. Maka ini saat yang tepat untuk berkunjung ke Chinatown untuk cari makan dan lihat-lihat Red Light District (RLD) yang berada dalam satu area dengan Chinatown. Jika Anda berdiri di muka CS menghadap ke luar, maka RLD berada di arah jam 10. Berjalanlah ke situ, ada hotel NH Barbizon Palace. Masuklah ke gang yang persis di sebelah hotel tersebut. And ready to get lost in RLD…..

Vondelpark, taman kota Amsterdam

Hari ke-2:

Beli tiket “Amsterdam & the Region” 24 hour seharga 13,5 euro. Bisa beli di kantor I Amsterdam yang terletak di depan Central Station. Tujuan hari ini adalah Volendam dan Zaanse Schans.

Volendam: masuklah ke dalam Central Station, di belakangnya terdapat terminal bus. Naik bus no. 316 turun di Julianaweg/Centrum. Atraksi wisata di sini hanya sederet toko beserta perumahan dalam satu jalan. Ini adalah kampung nelayan, jadi Anda dapat berfoto kostum nelayan di salah satu foto studionya. Toko-toko disini dikenal untuk penjualan souvenir dengan harga miring.

Zaanse Schans: dari Volendam kembalilah ke Central Station. Dan naik bus no 391 turun di Zaanse Schans. Anda bisa putar-putar dalam sebuah desa kecil yang banyak kincir anginnya. Disini Anda bisa beli berbagai jenis keju, lihat toko pertamanya Albert Heijn (sebuah supermarket terkenal di Belanda), dan melihat suasana pedesaan Belanda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.