Hari Minggu Ceria di Museum Miffy (a.k.a Nijntje)

“Kebahagiaan orang tua terletak pada kebahagiaan anak”. Ternyata betul kalimat mutiara ini. Pada dua akhir pekan lalu, kami mengunjungi Museum Miffy (atau dikenal dengan ‘Nijntje’ di Belanda).  Anak kami, Martin, yang berusia 3 tahun, menikmati sekali setiap bagian dari museum tsb. Kami pun ikut senang menghabiskan akhir pekan disitu. Sampai sekarang, dia masih sering meminta untuk pergi lagi ke museum itu.

Sebenarnya kami merasa itu lebih merupakan tempat main anak, daripada Museum yang biasanya berkonotasi ‘seni & sejarah’, ‘lihat-lihat’, dan kadang ‘membosankan’. Museum ini sangat recommended untuk anak mulai dari bisa berjalan hingga maksimal 5 tahun. Gambar, warna, dan aktivitas dalam museum ini saya jamin sangat menarik untuk balita Anda!

Di dalamnya anak bisa bermain dan belajar tentang Rumah (dimana terdapat dapur, kamar tidur, taman, dllsb.), Bentuk dan Gambar, Dokter, Lalu lintas, Peternakan, Seni dan Prakarya.

 

Rumah

Dapur rumah Miffy

Menjemur baju di samping rumah Miffy

 

Bengkel kerja Opa nya Miffy

 

Taman rumah Miffy

 

Bentuk & Gambar

Miffy diciptakan oleh seniman Belanda bernama Dick Bruna (1927-2017). Saya baru tahu dan menjadi kagum dengan seri Miffy ini karena ternyata Bruna menggunakan bentuk-bentuk sederhana dalam karyanya seperti persegi, lingkaran, dan segitiga. Ia bisa membuat banyak gambar dan buku cerita hanya dengan bentuk-bentu sederhana tsb.

Belajar bentuk dan warna

 

Memasukkan lukisan ke rak yang sesuai gambarnya

 

Berbagai buku Miffy digantung dengan Wow!

 

Meet the artist: Dick Bruna!

 

Dokter

Disini Martin belajar mengenal alat-alat kedokteran seperti stetoskop, timbangan badan, dsb. Martin juga mendengarkan bagaimana suara dari dalam perut dan dada manusia.

Anak bisa mengenakan jubah dokter dan ‘merawat pasien’

 

Lalu Lintas

Anak laki-laki akan sangat senang disini karena ada mini lalu lintas dimana mereka bisa memencet tombol lalu lintas, membuka portal kereta api, berperan sebagai polisi, naik bus, dan lain-lain.

Lalu lintas. Anak bisa main ski karena ceritanya sedang musim dingin.

Naik bus

 

Memory game: belajar mengingat gambar dari kartu yang sudah dibuka

 

Peternakan

Karena Martin sangat familiar dengan lagu ‘Old MacDonald had a Farm’, dia senang bisa mencoba berbagai kegiatan peternak dalam ruangan ini: membersihkan peternakan, mendengarkan bunyi berbagai binatang, dll.

Menjadi Farmer

 

Seni dan Prakarya

Satu hal pendidikan anak di Belanda ini yang saya rasakan beda betul dengan pendidikan saya dulu di Indonesia adalah penekanannya pada prakarya. Disini mereka percaya bahwa prakarya banyak manfaatnya termasuk mengembangkan kreativitas anak. Sementara bagi kita dulu di Indonesia, prakarya adalah pelajaran nomor buntut alias tidak penting. Oleh karena itu, tidak heran di museum ini pun ada satu ruangan dimana anak-anak bisa bebas ber-prakarya, yang sayangnya anak kami sangat tidak suka dengan aktivitas ini.

Ruang Prakarya

Singkatnya, saya menilai bahwa Bermain sambil Belajar betul-betul bisa didapat di museum ini. Untuk lokasi, jam buka, dan harga tiket, silahkan lihat disini.

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.