Koningsdag or King’s Day

Setiap tahun negeri Belanda selalu merayakan hari ulang tahun rajanya King Willem-Alexander. Hari ini sering dikenal dengan istilah Koningsdag atau King’s Day, dan jatuh tanggal 27 April. Ada beberapa kegiatan rutin yang bisa teman-teman saksikan dan nikmati di hari libur nasional ini, misalnya: flea market (pasar barang bekas), panggung musik, hingga perayaan di atas perahu yang menghiasi kanal-kanal sungai kota.

Tahun ini kami ikut merayakan Koningsdag ini dengan mengunjungi Vondelpark’s flea market, sebuah taman besar di tengah pusat kota Amsterdam. Di sana tujuan utamanya adalah berburu mainan anak dengan harga murah tapi dengan kualitas yang masih baik. Selain itu juga kali ini kami kedatangan ibu mertua yang baru pertama kali berkunjung ke Eropa. Ya sekalian ajak jalan-jalan daripada bosan terus di rumah hanya membantu istri menjaga bayi yang baru lahir.

Setelah lebih dari 2 jam berkeliling, akhirnya kami berhasil membeli 4 mainan dan 1 buku anak seharga 2.5 Euro. Murah banget kan! Selain itu juga kami membeli 10 buah sendok, 1 syal berwarna oranye, dan 1 kacamata oranye dengan harga masing-masing 1Euro. Untuk pertama kalinya ibu mertua juga mencoba Guacamole khas Mexico. Saya sih suka banget, tapi ibu mertua kurang menikmati nampaknya.

Selain kemeriahan pesta besar di segala penjuru negeri, mengunjungi flea market di Vondelpark ini berarti juga memperhatikan bagaimana orang tua di negeri ini mendidik anak-anak mereka dalam hal berjualan dan mengelola keuangan mereka. Anak-anak ini sangat bersemangat menjual mainan-mainan bekas mereka, menunjukkan bakat mereka dalam bermusik dan menari, bahkan menghasilkan uang dengan berbagai games yang mereka setup bersama teman-temannya. Mungkin ini lah cikal bakal mindset entrepreneurship orang Belanda yang sudah sangat terkenal sejak ratusan tahun yang lalu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.